Sunday 9 October 2016

Cara Membuat Piramida Penduduk Dengan Microsoft Excel

Cara membuat piramida penduduk dengan microsoft excel - Mungkin saat ini anda sedang bingung bagaimana cara membuat piramida penduduk. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang tutorial cara membuat piramida penduduk menggunakan microsoft excel. Pada kesempatan kali ini penulis membuat piramida penduduk menggunakan microsoft excel 2010. Bagi anda yang menggunakan microsoft excel 2003 atau 2007 anda tidak perlu khawatir karena pada prinsipnya sama saja.

Sebelum kita masuk ke topik utama, sebelumnya penulis akan sedikit membahas apa itu piramida penduduk. Piramida penduduk merupakan diagram jumlah penduduk yang dibedakan berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur atau usia. Dengan adanya piramida penduduk, maka akan semakin memudahkan kita dalam melihat kelompok umur mana yang merupakan penduduk terbanyak dalam wilayah tersebut.

Berikut merupakan langkah-langkah membuat piramida penduduk menggunakan microsoft excel 2010 :
  • Pertama yang harus Anda siapkan adalah data penduduk berdasarkan kelompok umur di suatu wilayah tertentu. Disini penulis menggunakan data penduduk di Kelurahan Jatiluhur, Kabupaten Kebumen yang penulis ambil dari data penduduk di Kelurahan.
  • Masukkan data tersebut dalam microsoft excel 2010 dalam bentuk tabel.
  • Selanjutnya buat penduduk laki-laki menjadi minus (-). Hal ini dilakukan agar diagram bergerak ke kanan dan kiri. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini :
  • Blok data yang akan dibuat menjadi piramida penduduk, Lalu klik insert dan pilih diagram yang clustered diagram.
  • Jika sudah, maka akan terlihat tampilan sementara piramida penduduk default excel. Namun tidak cukup sampai disitu, karena tampilannya masih kurang enak dipandang. Selanjutnya pilih salah satu sisi diagram, klik kanan >> pilih format data series.
  • Pada tab series options >> pada series overlap buat 100%.
  • Pada gap width cukup 10% saja. Lihat pada gambar di bawah ini :
  • Tampilan diagram sudah cukup bagus. Namun angka kelompok umur terlihat di tengah piramida sehingga cukup mengganggu. Untuk membuat angka kelompok umur menjadi di samping, ikuti langkah berikutnya.
  • Klik pada bagian kelompok umur >> klik kanan >> klik format axis.
  • Lalu lihat pengaturan seperti pada gambar di bawah ini :
  • Siip, sudah lumayan, namun masih ada yang mengganggu penglihatan karena angka minus di bawah piramida. Untuk merubah menjadi angka positif, maka klik kanan bagian axis >>> format axis >>> pilih number >>> klik costum >>> masukkan kode #.##0;[Black]#.##0 (ini menunjukkan bahwa angka akan dibuat positif dan berwarna hitam). Kemudian klik add.

Selamat piramida penduduk telah berhasil dibuat. Dan pada akhirnya anda sudah bisa membuat piramida penduduk menggunakan microsoft excel 2010. Anda tinggal mendesain sesuai dengan selera anda seperti merubah warna dan merubah background.

Sekian Cara Membuat Piramida Penduduk Dengan Microsoft Excel. Semoga dapat membantu dan terus kunjungi blog ini y.. terimakasih....

    Choose :
  • OR
  • To comment
1 comment:
Write komentar
  1. Cara Membuat Piramida Penduduk Dengan Microsoft Excel - Cara Mudah Belajar Komputer >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Cara Membuat Piramida Penduduk Dengan Microsoft Excel - Cara Mudah Belajar Komputer >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Cara Membuat Piramida Penduduk Dengan Microsoft Excel - Cara Mudah Belajar Komputer >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK 3b

    ReplyDelete